Selasa, 06 Oktober 2009

Sejerah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data


Oleh
Dian Mardiana Juhadirta
(140103070052)
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas Komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama, sedangkan Komunikasi adalah adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. (wikipedia)
Manusia adalah mahluk sosial, maka sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
A. Sejarah Komunikasi, pada mulanya Sejarah Jaringan komputer dan Komunikasi tidak berjalan seiring karena pada zaman dahulu Jaringan komputer dan kumunikasi adalah dua hal yang berbeda. Sejarah Komunikasi dimulai lebih dahulu, Komunikasi sudah ada sejak peradaban manusia ada, komunikasi itu dapat berbentuk audio maupun visual.
Misalnya pada zaman dahulu orang primitif mengguanakan asap sebagai alat komunikasi jarak jauh. Ada kesepakatan-kesepakatan tertentu antara pengirim pesan dan penerima pesan sehingga pesan tersebut dapat diterima dan dimengerti.
Pada perkembangannya Komunikasi berkembang semakin maju, dari yang hanya mengguanakan merpati pos sampai kepada komunikasi generasi ke3 atau 3G yang dapat saling bertatap muka dengan jarak ribuan kilometer secara Online
Pada dasarnya prinsip-prinsip komunikasi tidak berubah sejak zaman dahulu sampai sekarang, diantaranya adalah :
1. Kesepakatan
Ini merupakan hal yang sangat penting dalam berkomunikasi, karena tanpa adanya kesepakatan maka komunikasi tidak akan terjadi, sekalipun terjadi komunikasi maka akan terjadi salah pengertian antara pengirim dan penerima pesan. Misalkan 2 orang berkomunikasi tanpa adanya kesepakatan bahasa apa yang akn digunkan, orang pertama memakai bahasa jawa dan orang kedua memakai bahasa sunda maka komunkasi antara kedua orang itu tidak akan berjalan baik.
2. Pengirim
Tentu saja ini merupakan hal yang mutlak dalam berkomunikasi, tanpa adanya pengirim pesan pasti tidak ada komunikasi
3. Penerima
Ini juga harus ada dalam proses komunikasi, karena tanpa adanya penerima pesan maka pesan tidak akan berguna.
4. Pesan yang dikirim
Ini hal yang terpenting dalam berkomunikasi, karena pesan yang akan disampaikan inilah maka akan terjadi komunikasi antara 2 pihak atau lebih.
5. Media Transmisi
adalah media dimana pesan disampaikan kepada penerima pesan. dalam komunikasi saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara ataupun gelombang elektromagnetik
B. Sejerah Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.
Pada perkembangannya Jaringan Komputer dan komunikasi data berkembang sejalan, karena jaringan computer ada diawali kebutuhan manusia untuk bertukar data dan berkomunisai dengan cepat dan efisien dengan tidak terbatas jarak dan waktu. Sehingga pada saat ini Jaringan computer dan komunikasi adalah dua hal yang tidak terpisahkn.
Dari waktu ke waktu perkembangan Jaringan computer dan komunikasi berkembang sangat cepat hingga sampai saat ini computer di seluruh dunia dapat terhubung dengan jaringan global dan siapapun dapat berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun diamanapun mereka berada tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Dengan perkembangan yang sangat cepat itu maka dibutuhkan suatu standart internasional sehingga semua pihak dapat bersepakat tentang aturan komunikasi sesaui dengan prinsip dasar yang tadi telah dikemukakan diatas.
ISO-OSI atau kepenjangan dari International Standardization Organization - Open System Interconnection. ISO membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI, dengan aturan standar tersebut diharapkan semua vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya.
Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi dalam membangun jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan. 7 Lapisan itu diantaranya adalah :
1. Fisik
Pada Bentuk Fisik Jaringan Misalkan Ethernet, FDDI, ISDN, ATM
2. Datalink
Misalnya SLIP (Serial Line Internet Protocol) Protokol dengan menggunakan sambungan serial
3. Network
Misalkan ARP (Address Resolution Protocol) Protokol untuk mendapatkan informasi hardware dari nomor IP
4. Transport
Misalkan TCP (Transmission Control Protocol) Protokol pertukaran data berorientasi (connection oriented)
5. Session
Miasalkan RPC (Remote Procedure Call) Prosedur pemanggilan jarak jauh
6. Presentasi
Misalkan SNMP (Simple Network Management Protocol) Protokol untuk manejemen jaringan
7. Aplikasi
Nama Protokol nya misalkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Protokol untuk distribusi IP pada jaringan dengan jumlah IP yang terbatas.

Tidak ada komentar: